Jasa Service AC, Kulkas, Mesin Cuci dan Elektronik Lainnya Area Jakarta

Senin - Sabtu: 08:00 - 18:00

24 Jam Konsultasi Gratis

Hotline : 0822 5811 0157

Jl. Sunter Kemayoran, Jakarta

Garansi Perbaikan

Jasa Service Bergaransi

Jenis Kerusakan Pada Mesin Cuci Yang Perlu Kamu Ketahui

Kalender
August 2020
M T W T F S S
« Nov    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
Tentang Kami

Elektrindo Pendingin bergerak dibidang jasa layanan service panggilan area Jakarta yang menangani perbaikan berbagai barang elektronik meliputi AC, Mesin Cuci, Kulkas, Kipas Angin dan elektronik lainnya. Dengan didukung oleh tim yang handal dan berpengalaman dibidangnya, kami mampu memberikan layanan terbaik bagi setiap pelanggan.

Mesin cuci adalah perabot rumah tangga yang sangat vital. Tanpa adanya mesin ini, bisa dibayangkan apabila Anda berdua adalah orang yang sibuk sementara tidak ada asisten rumah tangga. Apabila demikian, alangkah repotnya jika mesin cuci Anda mengalami kerusakan sementara tukang service sulit ditemukan ditempat Anda. Nah ada beberapa kerusakan umum mesin cuci yang sebenarnya bisa Anda atasi sendiri dirumah, sehingga pekerjaan pencucian Anda tak lagi memberatkan Anda.

Berikut kerusakan Umum Pada Mesin Cuci Yang Mungkin Bisa Anda tangani sendiri dirumah. Jika Anda sudah membaca dan memahami artikel dibawah ini maka nantinya Anda bisa mengambil keputusan, apakah bisa menangani sendiri atau harus membawanya tempat service.

1. Tabung/Drum Tidak Berputar

Macetnya mesin cuci seperti tabung tidak berputar adalah masalah umum pertama terutama yang sebagian besar jika mesin cuci sudah cukup berumur. Tapi jika mesin cuci Anda masih tergolong baru, biasanya hanya terlalu banyak isi saja sehingga membebani mesin karena kemampuan mesin sudah mulai menurun karena beberapa keausan.

2. Mesin cuci hanya bisa berputar satu arah

Ini adalah masalah yang termasuk umum pada mesin cuci. Jika ini terjadi pada mesin cuci Anda, maka masalah utama berasal dari sistem kontrol elektronik atau timer mekaniknya. Tapi kerusakan yang paling sering adalah disebabkan oleh sirkuit elektronik, khususnya komponen TRIAC yang bertugas untuk membagi supply tegangan kepada 2 motor yang ada pada mesin cuci. Untuk mengganti komponen triac yang tersolder pada PCB sirkuit hanya bisa dilakukan oleh teknisi elektronika. Anda bisa menghubungi tim kami untuk melakukan perbaikan mesin cuci dan mengecek secara keseluruhan.

3. Mesin cuci bergetar

Mesin cuci yang bergetar biasanya disebabkan karena penempatannya di lantai yang tidak rata. Atau hanya karena Anda tidak seimbang dalam memasukkan pakaian kedalam tabung pengering. Jika Anda merasa tidak ada yang salah dalam memasukkan pakaian atau penempatan sudah dilantai yang datar, maka getaran ini bisa disebabkan oleh as tabung yang sudah aus. Sabuk atau v-belt yang sudah kendor juga bisa menyebabkan getaran yang tak lumrah pada mesin cuci, Anda bisa menyetelnya ulang atau kalau sudah terlalu kendor maka harus diganti.

4. Mesin cuci tidak bisa membilas dengan bersih

Jika bilasan tidak bersih, masih banyak sabun yang tersisa biasanya hanya karena aliran air tidak lancar. Hal ini bisa disebabkan oleh sumbatan pada slang atau slang yang tertekuk sehingga menghambat aliran air. Periksa pada Katup yang menghubungkan pasokan air bersih, apakah tidak ada masalah. Jika Anda tidak bisa membersihkan slang, sebaiknya ganti dengan yang baru. Pastikan dulu apakah anda sudah menggunakan mesin cuci dengan benar, misalnya menggunakan deterjen dalam jumlah yang tidak berlebihan dan mencuci tidak melebihi kapasitas drum atau tabung.

5. Mesin Cuci Bocor

Mesin cuci bocor adalah masalah yang umum pada mesin cuci. Air yang bocor dari mesin cuci biasanya berasal dari selang atau sambungan slang.

Nah itulah beberapa permasalahan yang sering terjadi pada mesin cuci, namun jangan membongkar body mesin cuci terlebih dahulu jika tidak memiliki pengetahuan sama sekali tentang kelistrikan dan sistem mekanis, karena kesalahan kecil bisa saja justru malah merusak mesin cuci Anda. Segera hubungi kami untuk konsultasi mengenai permasalahan yang sedang anda alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *